Cara Mempercepat Loading Blog yang Lama (Google PageSpeed Insight)

Cara Mempercepat dan Meningkatkan Kecepatan Loading Blog yang Lama merupakan sebuah cara yang banyak diacari oleh para blogger, termasuk saya ini. Hal ini dikarenakan kecepatan loading sebuah blog merupakan salah satu faktor penting untuk membangun blog yang baik. Pada kesempatan terdahulu, saya pernah memberikan artikel mengenai penyebab loading blog lama dan cara mengatasinya. Di dalam artikel tersebut saya telah menjelaskan beberapa poin mengenai cara mempercepat loading blog yang lama ini.

Akan tetapi pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara mempercepat loading blog yang bermanfaat untuk melengkapi artikel tersebut. Jika dahulu saya memberikan cara cek kecepatan loading blog menggunakan pingdom, kali ini sebagai indikator kita akan menggunakan tool untuk mengetahui kecepatan loading blog dari google yaitu Google PageSpedd Insight.
Internet
Internet

Dengan menggunakan tools tersebut selain memberikan score yang menjadi value atau nilai kecepatan loading blog. Anda juga diberikan banyak fitur untuk mempermudah identifikasi anda, contohnya yaitu penilain kecepatan loading blog versi mobile dan PC,  hal yang menjadi prioritas untuk diperbaiki, serta saran dan cara memperbaikinya.

Jadi, bagaimana cara menggunakan tool dari google untuk mempercepat loading blog?
Mudah saja kok, anda hanya perlu menuju situsnya yaitu

https://developers.google.com/speed/pagespeed/insight, Kemudian anda masukan url/alamat blog anda di “Enter the web page URL” dan klik “Analyze”

Dengan melakukan hal tersebut google pagespeed insight akan menampilkan nilai kecepatan blog anda disertai hal yang harus diperbaiki. Selain itu google juga memberikan saran/ cara untuk memperbaikinya. Beberapa masalah yang bisa diperbaiki untuk mempercepat loading blog biasanya:

Mengkompress CSS dan HTML

Mengcompress merupakan kegiatan meminimalkan dan mengefisienkan kode yang terdapat di blog kita sehingga akan membantu mempercepat loading blog anda. Jika ingin tahu caranya baca Cara Compress Css blog dan Cara Compress Html blog

Hosting CSS dan Javascript anda

Dengan menghosting semua css dan javascript blog anda terutama bagi yang menggunakan blogspot, blog anda akan terload lebih cepat dikarenakan browser akan menampilkan konten anda terlebih dahulu serta untuk menampilkan style dan kode java. Browser hanya memproses dari sumber host pribadi anda yang berbeda dengan milik orang lain sehingga akan lebih cepat tentunya. Saya sendiri tidak melakukan cara ini dikarenakan saya merupakan tipe orang yang hobi mengedit templete blog saya, sehingga akan sedikit lebih sulit menurut saya jika perlu menghosting css blog saya

Mengcompress gambar

Gambar atau foto yang ditampilkan untuk menunjang artikel maupun tutorial akan sangat membantu pembaca dan memberikan penampilan yang menarik di blog, akan tetapi gambar merupakan salah satu faktor terbesar yang membuat blog anda lama loading, oleh karena itu usahakan untuk mengkompress dengan aplikasi pengkompress foto.

Selain beberapa hal diatas sebenarnya masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat loading blog seperti menghapus widget, menggunakan background blog polos dan sebagainya. Akan tetapi hal tersebut relatif dan tergantung dengan kondisi blog anda saat ini. Oleh karena itu gunakanlah pagespeed insight dan lihat hal yang harus anda perbaiki di blog anda untuk mengetahui cara mempercepat loading blog anda yang lama tersebut.

Cara Mempercepat Loading Blog yang Lama (Google PageSpeed Insight) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri