Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Bisa Berputar dan Berdengung

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Bisa Berputar dan Berdengung | Kipas angin merupakan perlatan elektronik yang memiliki manfaat sangat penting dalam sebuah rumah, apalagi di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Mengingat tidak semua orang dapat membeli AC atau mungkin telah terbiasa dengan kipas angin, maka saat kipas angin yang digunakan bermasalah akan membuat anda merasa gelisah.

Salah satu masalah yang sangat sering terjadi pada kipas angin yaitu kipas angin menjadi lambat atau tersangkut bahkan tidak dapat berputar sama sekali yang disertai suara berdengung. Masalah ini pada dasarnya disebabkan oleh bearing atau kelahar pada kipas angin yang sudah rusak dan tidak layak pakai.

Sehingga anda perlu segera mengganti bearing pada kipas angin anda agar dapat digunakan kembali seperti semula tanpa ada suara berdengung sama sekali lagi. Cara menggantinya cukup mudah yaitu dengan membuka semua cover dan pelindung hingga ke bagian bearing kipas angin. Untuk lengkapnya simak langkah-langkah dibawah.
Lihat juga Tanda shockbreaker rusak dan harus diganti

Langkah-langkah Memperbaiki Kipas Angin Tidak Bisa Berputar dan Berdengung


• Bongkar bagian luar kerangka kipas angin serta buka pula baling-baling kipas angin anda. Setelah itu lepaskan baut yang mengunci spul atau kerangka dinamo kipas angin anda dengan hati-hati agar tidak ada kabel yang terputus. Setelah semua dilakukan hasilnya akan kurang lebih seperti gambar dibawah
Cara Memperbaiki Kipas Angin
Bearing Kipas Angin

• Setelah melakukan hal diatas maka anda akan dapat melihat bearing yang menyebabkan suara berdengung pada kipas. Jika anda merasa bearing telah benar-benar aus dan tak layak pakai, lepas bearing dan ganti dengan yang baru, anda dapat membeli bearing ini dipasaran dengan sangat mudah.
Baca Cara mengendalikan komputer jarak jauh dengan teamviewer

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Bisa Berputar
Bearing longgar

• Bersihkan pula kipas anda dari segala kotoran untuk menghindari ada yang tersangkut
Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Bisa Berputar dan Berdengung
Dinamo Kipas Angin

• Setelah itu pasang kembali semua kerangka dan komponen yang anda lepaskan sebelumnya dan silahkan tes kipas angin anda

Setelah melakukan penggantian bearing maka kipas anda akan bekerja dengan normal tanpa suara berdengung dan dapat berputar dengan cepat tentunya.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Bisa Berputar dan Berdengung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendri